SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Terapkan PjBL, Siswa Miliki Kompetensi 4C’s

SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Terapkan PjBL, Siswa Miliki Kompetensi 4C’s

MALANG KOTA – Di kehidupan manusia era milenial, kecerdasan akademik saja tidaklah cukup. Manusia harus memiliki sifat-sifat yang dapat menjadikannya berkembang dan mampu menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Sangat memahami hal tersebut, SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School menggunakan model pembejalaran yang mampu mengembangkan para siswa untuk siap menghadapi tantangan dunia abad 21, yaitu dengan menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL). Para ahli meyakini bahwa PjBL dapat mengembangkan aspek kecakapan siswa untuk memiliki kemampuan 4C’s, yang merupakan singkatan dari Creativity, Criticalthinking, Collaborative, dan Communication.

 Model pembelajaran ini menjadikan siswa SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School sebagai pusat pembelajaran dan yasng terpenting adalah ada proses dimana siswa mampu mengoptimalkan kemampuannya untuk kritis dan kreatif dalam membuat suatu proyek pembelajaran. Siswa juga diberikan tema yang sesuai dengan isu terkini, event khusus, atau hal-hal yang sangat diminati oleh siswa sehingga siswa dapat berpikir secara kritis tentang masalah-masalah yang ada di sekitarnya.

Tidak hanya mengerjakan seorang diri, siswaSMA Islam Sabilillah Malang Boarding Schooljuga distimulus untuk mampu mengerjakan proyek secara kelompok dan berkolaborasi dengan siswa lain. Selanjutnya siswa juga dapat mengasah kemampuan berkomunikasi untuk menyampaikan pendapatnya dalam forum diskusi maupun mempresentasikan proyek yang telah dikerjakan.

Dari penerapan dan pembinaan di SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School dengan model pembelajaran ini, telah banyak penemuan siswa yang dipamerkan baik di tingkat internal maupun eksternal, bahkan tidak sedikit yang berhasil berprestasi dari hasil proyek yang dikerjakan.

Kini SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School membuka pendaftaran siswa gelombang II mulai tanggal 1 Maret 2018 hingga 31 Maret 2018. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman www.psbonline.sekolahsabilillah.sch.id (*)

dikutip dari: http://www.radarmalang.id/sma-islam-sabilillah-malang-boarding-school-terapkan-pjbl-siswa-miliki-kompetensi-4cs/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *