PJBL

PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

a. Integrasi 4 C’s dalam PjBL
PjBL merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang diyakini para ahli mampu mengembangkan semua kecakapan (4 C’s) dan menyiapkan peserta didik kita untuk menghadapi dunia di abad ke-21.
b. Aspek 4 C’s saling berhubungan dan terwujud dalam seluruh tahap kegiatan project based learning

c. Implementasi PjBL menggunakan pendekatan backward design model yaitu kegiatan belajar dimulai dari pentapan hasil belajar yang diharapkan dan rancangan penilian.

d. Proyek dirancang berdasarkan tema. Tema ditentukan sesuai kebutuhan atau bersifat kontekstual, kemudian memilih KD yang terkait dengan tema.
e. Kriteria Tema yang baik antara lain:
1. Tema ditentukan sesuai kebutuhan
2. Bersifat kontekstual (isu terkini, event khusus, minat siswa, problem)
3. Menggunakan kalimat simpel, menarik dan jelas
4. Universal (menyeluruh/cakupannya luas)
5. Merujuk pada visi dan misi sekolah/lembaga
f. Alur Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

Kegiatan Siswa
a. Penentuan tema (ditetapkan sekolah/guru)
b. Penentuan proyek
c. Penentuan aktivitas proyek
d. Analisis mata pelajaran yang berkontribusi pada proyek
e. Penentuan KD mata pelajaran yang berkontribusi pada proyek
f. Menyusun rencana proyek (make a plan) : menyiapkan bahan, data, info, strategi membuat proyek
g. Doing the project (implementasi proyek)
h. Pesentasi hasil proyek (assembly)