Profil Lulusan & Program Unggulan

Profil Lulusan & Program Unggulan

 Profil Lulusan

SMA Islam Sabilillah Malang menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki karakteristik :

  1. Mampu memahami, meyakini, dan menjalankan ajaran Islam sacara komprehensif, baik dan benar sebagai wujud memiliki karakter keislaman.
  2. Menjadi generasi Qur’ani dan mampu berdakwah.
  3. Berkemampuan akademik yang komprehensif-holistic dan unggul, sehingga menjadi manusia yang memiliki wawasan, pengetahuan dan keterampilan bertaraf internasional.
  4. Mampu memahami, meyakini dan memiliki motivasi dalam mengamalkan falsafah dan budaya bangsa sebagai wujud memiliki karakter kebangsaan.
  5. Memiliki jiwa disiplin, ulet dan kuat.
  6. Memiliki kemampuan leadership dan enterpreneurship.
  7. Mampu berbahasa internasional dan menguasai teknologi informasi (IT).
  8. Siap berkompetisi dalam berbagai olimpiade, lomba seni dan olahraga di tingkat nasional maupun internasional.
  9. Siap menlanjutkan ke perguruan tinggi bertaraf internasional, baik di dalam negeri maupun luar negeri

Berdasarkan visi, misi dan tujuan satuan pendidikan, dirumuskanlah program unggulan SMA Islam Sabilillah Malang. Program Unggulan Utama adalah Pendidikan Karakter dan program unggulan yang lain adalah: (1) Program Maqoman Mahmudah, (2) Program Everyday with Al Qur’an (Tahfidz dan Terjemah Al-Qur’an), (3) Program Super Skills, (4) Program We Can Speak, (5) Program Sekolah para Juara, (6) Program Semerbak, (7) Program Pendidikan Kebangsaan.

Pendidikan Karakter merupakan usaha untuk menghantarkan peserta didik menjadi manusia yang sempurna (insan kamil) dengan visi Siswa Sabilillah Penuh Cinta (SSPC). Pendidikan Karakter di SISMA menumbuhkembangkan 8 karakter dalam diri peserta didik, yaitu: 1) cinta Allah dan Rasul, 2) cinta orang tua dan guru, 3) cinta sesama, 4) cinta keunggulan, 5) cinta diri sendiri, 6) cinta ilmu pengetahuan dan teknologi, 7) cinta alam sekitar, dan 8) cinta bangsa dan negara. Kedelapan karakter tersebut dikembangkan menggunakan kerangka konseptual Cinta 360 derajat, dengan pendekatan pengembangan sekolah secara menyeluruh (whole school development approach). Kegiatan pengembangan pendidikan karakter diselenggarakan dalam bentuk keteladanan, pembiasaan, penciptaan lingkungan, pemantauan, dan kemitraan dengan orang tua.

Program Unggulan

  • Program Maqoman Mahmudah

Program Maqoman Mahmudah merupakan proses pembiasaan (habituasi) amalan ibadah yang bertujuan untuk menghantarkan peserta didik menuju derajat mulia disisi Allah SWT. Berbagai amalan yang dilaksanakan adalah melalui Penanaman Aqidah Pagi (PAP), hafalan doa harian, terbiasa menjaga wudlu, Shalat berjamaah (shalat Dhuhur dan Ashar), shalat Tahajud, shalat Jumat dan kajian keputrian, puasa sunnah, dhuha morning, Program Umroh bersama Guruku-wisata edukasi islami, Friday Charity, One Day One Sheet, Daily Event By Qur’an and Sunnah Principle , PHBI, dan akhlaqul karimah.

  • Program Everyday with Al Qur’an (Tahfidz dan Terjemah Al-Qur’an)

SMA Islam Sabilillah Malang menggunakan metode “Sabilillah bil Qalam” yang dikembangkan, dirancang, dan diselenggarakan sendiri secara professional  oleh guru-guru yang memiliki kompetensi khusus dalam pembelajaran Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an di SMA Islam Sabilillah Malang memiliki target yaitu peserta didik mampu membaca Al-Qur’an secara tartil, memahami ilmu tajwid & Ghorib Qur’an, terjemah Al Qur’an dan mampu memahami isi kandungan Al Qur’an melalui pembelajaran tafsir Al Qur’an Al Maudhu’I dan menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menumbuhkan dalam pembiasaan membaca Al Qur’an diprogramkan ODOS (One Day One Sheet) sebelum do’a pulang sekolah. Sebagai bentuk apresiasi prestasi peserta didik diakhir kegiatan pembelajaran, peserta didik yang telah lulus tashih akan mengikuti Wisuda Al Qur’an terpadu.

  • Program Super Skills

Program Super Skills merupakan program pengembangan pembelajaran di Sekolah Islam Sabilillah Malang yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan ketrampilan peserta didik yang memiliki kemampuan critical thinking, creativity, collaborative, and communicative (4C’s). SISMA mengadopsi pendekatan pembelajaran negara maju, yaitu pendekatan yang menyenangkan, saintifik, Project Based Learning (PjBL), contekstual learning, dan menggunakan perangkat teknologi informasi. Selain intra-kurikuler, SISMA juga menyelenggarakan kegiatan kokurikuler, yaitu: Learning Festival, Assembly, Literasi melalui program Drop Everything and Read in Sabilillah (DEARS), KTI, dan Study wisata.

  • Program We Can Speak

Program We Can Speak merupakan program pembelajaran dan pembiasaan yang dikembangkan dengan tujuan membekali peserta didik memiliki keterampilan berbahasa asing (Inggris dan Arab) dalam berkomunikasi sehari-hari. Program pembelajaran We Can Speak (WCS) peserta didik mempelajari dan memperdalam kemampuan Bahasa Inggris dan Arab melalui listening, speaking, reading, writing, spoken grammar, dan vocabulary yang terangkum dalam  tema-tema yang berhubungan dengan komunikasi sehari–hari di dalam kelas dan di luar kelas. Program pembiasaan We Can Speak diselenggarakan dalam bentuk Drilling time EDE’S Book dan Al Ibarah Al yaumiyah, English Days, Arabic Days, English on Stage, dan English Camp.

  • Program Sekolah Para Juara

Program Sekolah Para Juara merupakan program pengembangan potensi minat bakat peserta didik melalui pembelajaran ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi. Pembelajaran ekstrakurikuler dikembangkan melalui ekstrakurikuler wajib dan pilihan (klub olah raga dan sanggar seni) yang dibina oleh pelatih profesional. Bentuk apresiasi pembelajaran ekstrakurikuler, yaitu: kegiatan Festival dan Lomba Olah raga dan Seni Sabilillah (FLOSS), Simfoni Khasanah Bangsa (SKB), My Technology Festival, dan SISMA Scout Camp. Pembinaan prestasi bidang akademik diselenggarakan dalam bentuk pembinaan olimpiade Sains yang dibina oleh guru olimpiade. Program Sekolah Para Juara bertujuan untuk mencetak peserta didik meraih juara dalam OSN, O2SN, FLS2N,  Olimpiade internasional, dan  Pekan Seni Pelajar.

  • Program Semerbak

Semerbak adalah program sekolah yang menekankan pada lingkungan sekolah menjadi “Sehat Menyenangkan Rapi Bersih dan Berkarakter”. Untuk membiasakan budaya bersih, setiap 2 minggu sekali, dilaksanakan Gerakan Sekolah Bersih (GSB), dan pembiasaan “Semerbak Sekolahku” yang dilaksanakan setiap hari di masing-masing kelas. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa dan guru melakukan bersih-bersih di kelas masing-masing dan atau membersihkan lingkungan sekitar kelas. Program tersebut berkembang untuk mewujudkan sekolah hijau (Green School) yang pada puncak prestasinya mencapai sekolah adiwiyata. Berbagai macam kegiatan dilakukan melalui kegiatan pembiasaan sehari-hari yang dipantau dan dibimbing oleh wali kelas dan wali asuh. Implementasi program Semerbak dilakukan melalui pembiasaan dan pemantauan secara kontinu. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan program penunjang terwujudnya lingkungan yang sehat dan bersih.

  • Program Pendidikan Kebangsaan

Program Pendidikan Kebangsaan yaitu program membangun karakter peserta didik untuk memiliki komitmen kebangsaan yang kuat terhadap budaya bangsa Indonesia. Program Pendidikan Kebangsaan  dikembangkan melalui kegiatan Assembly Budaya, Indonesian Culture Exhibition, hormat bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap pagi, Kunjungan ke situs sejarah, tari daerah, peduli sosial, pendidikan Bahasa Jawa, dan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *