English on Air, Asah Siswa Menjadi Calon Penyiar Radio

English on Air, Asah Siswa Menjadi Calon Penyiar Radio

MALANG KOTA – Sekelompok siswa kelas X SMA Islam Sabilillah melakukan pembelajaran Bahasa Inggris English on Air di ruang audio SMA Islam Sabilillah, Senin, (19/3). Program yang telah berlangsung kurang lebih dua minggu ini digunakan sebagai bekal siswa dalam mempersiapkan diri menjadi penyiar radio Rapis (Radio Pendidikan Islam Sabilillah ) FM yang saat ini sedang dalam taraf pembangunan dan akan dibuka beberapa waktu ke depan.

English on Air merupakan program inovasi praktik berbahasa Inggris yang baru-baru ini diterapkan setelah sebelumnya dinamai English on Stage. Program tersebut dibuat agar lebih variatif. Sebelumnya, program praktik berbahasa Inggris yang sudah berjalan antara lain We Can Speak, drilling time, english course for teacher, native speaker dan english day yang pelaksanaannya terjadwal pada hari yang berbeda.
Pada English on Stage, kelompok siswa yang telah ditentukan sesuai jadwal diminta untuk menampilkan performansi berupa baca puisi, drama, telling story, maupun interview dengan tamu orang bule di halaman gedung putri.

 

Uniknya bila dibandingkan dengan English on Air yang diterapkan setiap Senin hingga Kamis ini, kelompok yang akan tampil mempersiapkan naskah dan konsep mereka untuk disiarkan pada speaker masing-masing ruang kelas dalam bentuk topik baca berita, misalnya cuaca hari ini. Topik yang diusung disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar, misalnya Keutamaan bulan Rajab beserta tips-tips yang relevan.

Penulis: Diah Budiarti SPd (guru Bahasa Indonesia SMA Islam Sabilillah Malang)
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: SMA Sabilillah Malang

sumber: http://www.radarmalang.id/english-on-air-asah-siswa-menjadi-calon-penyiar-radio/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *